Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan-Tahapan Supaya Sukses Mendapatkan Pekerjaan

Tahapan-Tahapan Untuk Mendapatkan Pekerjaan. Serangkaian proses agar sukses mencari pekerjaan sesuai dengan bidang pekerjaan yang diinginkan


Tahapan-Tahapan Supaya Sukses Mendapatkan Pekerjaan

tips-sukses-mencari-kerja


Dalam proses mencari kerja pada saat sekarang ini memang bukanlah hal yang mudah. Namun bukan juga sesuatu yang tidak mungkin asalkan ditempuh dengan cara yang benar. Persaingan yang ketat dan juga minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia merupakan kendala utama bagi para pencari kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, sudah pasti harus memiliki kelebihan dibandingkan dengan pencari kerja yang lainnya.

Hal-hal apa saja yang harus diketahui sebelum melamar sebuah pekerjaan?


1. Mengetahui Kompetensi Diri Sendiri

Dalam hal ini sobat harus mengetahui kompetensi dan juga kemampuan sobat sendiri. Banyak orang yang tidak sadar akan potensi unik dalam dirinya sendiri. Hal ini yang terkadang membuat seseorang salah dalam menempatkan dirinya pada pekerjaan yang tidak tepat. Misalkan saja punya bakat desain tapi malah bekerja sebagai pelayan restoran, atau yang lainnya yang tidak sesuai dengan bakat dirinya sendiri. Setelah mengetahui potensi diri sendiri, seandainya masih sulit dalam menghadapi persaingan, haruslah menambah keahlian diri dengan beberapa skill tambahan agar bisa berkompetisi dengan para pencari kerja yang lain.

2. Mengetahui Kriteria Yang Dibutuhkan Perusahaan

Yang kedua yang harus diketahui sebelum sobat mencari kerja adalah memahami peluang yang ada. Jika memungkinkan dan juga sesuai dengan kriteria diri sendiri, maka itu adalah tempat yang tempat. Memperluas wawasan dalam mengetahui daftar perusahaan merupakan sesuatu yang peting dalam hal ini. Perusahaan yang bergerak dibidang yang sesuai dengan kriteria diri dan juga yang sedang membutuhkan karyawan yang sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri. Berikut adalah point-point yang biasanya sipersyaratkan oleh sebuah perusahaan dalam mencari karyawan :
  • Membutuhkan Laki-laki atau wanita
  • Maksimal atau minimal usia pelamar
  • Lulusan pendidikan pelamar
  • keaslian identitas pelamar
  • Keahlian yang dimiliki
  • Pengalaman yang dimiliki
  • Domisili pelamar
Setelah mengetahui kedua hal tersebut diatas, sobat bisa memulai untuk finding jobs. Mencari dan melamar pekerjaan sesuai dengan keriteria yang ada. Dalam hal ini sobat harus gigih dan juga sabar, karena lagi-lag persaingan ketat dan juga peluang yang terbatas. Setelah ada peluang sekecil mungkin alagkah lebih baik untuk mengambilnya. Bukan berarti tidak sesuai dengan bidang yang diinginkan, tapi bisa jadi itu adalah sebuah jalan yang menuntun pada jalan yang sebenarnya. Setelah melamar dan melamar kerja pasti akan ada peluang yang terbuka.


Bagaimana Cara Melamar?
Ada beberapa cara untuk melamar pekerjaan atau ada beberapa metode dalam menyampaikan CV kepada perusahaan antara lain sebagai berikut ini :
  • Melamar via pos
  • Melamar via email
  • Mendatangi langsung pihak perusahaan
  • Melamar melalui yayasan penyalur resmi
  • Melamar melalui BKK Sekolah
  • Melamar melalui Balai Latihan Kerja
  • Melamar melalui job fair
Curriculum-Vitae


Apa saja yang harus dilalui dalam proses seleksi karyawan?


Cek Duplikasi/Dokumen

Yang pertama biasa dilakukan adalah mengenai kecocokan data antara kriteria yang dibutuhkan dengan para pelamar yang telah dipanggil. Biasanya akan di cek ulang mengenai identitas dan juga keaslian dokumen utama seperti KTP dan berkas lamaran lainnya.

Tes Psikotes

Selanjutnya adalah tes psikotes. Tes psikotes adalah untuk mengetahui kemampuan akademik, pengetahuan ataupun untuk mengetahui kemampuan IQ dari para pelamar kerja. Biasanya tes ini adalah dengan tes hitung cepat, menjawab soal-soal matematika, penalaran dan beberapa tes tertulis lainnya

Tes Fisik

Untuk tes fisik ini biasanya dilakukan untuk posisi karyawan yang membutuhkan kondisi fisik yang lebih kuat dari biasanya. Biasanya perusahaan yang melakukan tes fisik adalah sebuah pabrik atau produksi, karena dalam hal ini karyawan akan dituntut bekerja lebih banyak dengan fisik mereka. Jadi tes fisik ini juga untuk memastikan kesehatan calon karyawan. Materi dalam tes fisik antara lain adalah lari, push up, sit up atau angkat beban tertentu. Terkadang ada juga tes fisik yang hanya diminta untuk terus berdiri selama beberapa waktu. Tentunya tes ini juga disesuaikan dengan jenis pekerjaan nya jika sudah diterima.

Tes Interview

Tes interview adalah tahapan untuk mengetahui tentang calon karyawan lebih banyak lagi. Dalam tes ini akan ada banyak pertanyaan baik itu mengenai kepribadian maupun mengenai keahlian dan juga pengalaman yang sudah dimiliki. Untuk dapat lolos dalam tes ini pelamar haruslah kooperatif dan bisa menarik kepercayaan dari HRD yang menguji tes. HRD pada tahap ini akan menilai tentang sikap, cara bicara, penampilan dan juga kejujuran karyawan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Tentu saja dalam tes yang satu ini cukup menentukan karena banyak penilaian akan dihasilkan dari tes interview ini

Tes Medical Check Up

Yang terakhir biasanya adalah medical check up. Pada tahap ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan para pelamar. Pada penilaian medical check up ini juga akan disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, ada posisi dan juga perusahaan yang melakukan dengan standart kesehatan yang ketat dan juga ada perusahaan yang memiliki kelonggaran tertentu. Adapun hal-hal yang diuji pada tahap medical check up antara lain sebagai berikut :
  • Tes tinggi dan berat badan
  • Tes Fisik luar
  • Tensi darah
  • Tes Mata
  • Tes sampel darah
  • Tes Urin
  • Tes Rongtan
Biasanya setelah melalui semua tahapan diatas seorang pelamar akan mendapatkan informasi tentang lulus atau tidaknya. Bisa saja diumumkan langsung atau dikabari pihak perusahaan melalui telephone.

Selain usaha tentu saja harus dibarengi dengan doa dan juga sabar. Jika gagal harus mau mengkoreksi diri, memperbaiki diri dan mau untuk terus mencoba kembali. Jika sering gagal anda bisa mulai meneliti apa yang tidak cocok dengan anda dalam proses mencari pekerjaan tersebut. Karena rejeki orang lagi-lagi berbeda pada saat terntentu. 

Demikian materi mengenai Tahapan-Tahapan Supaya Sukses Mendapatkan Pekerjaan. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran dan juga sebagai pengetahuan untuk sobat semuanya. Terima kasih.

Jangan Lupa Kunjungi : Idntifia.com































































































































































































































































































































































































Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan bukan sesuatu yang mustahil " kunjugi juga : Bisnisan.id

Post a Comment for "Tahapan-Tahapan Supaya Sukses Mendapatkan Pekerjaan"